Tuesday, July 13, 2021

Manfaat Minyak Zaitun, dari Kesehatan hingga Kecantikan

Anda pasti sudah sering mendengar rekomendasi untuk mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun untuk memasak, bukan? Dibandingkan minyak sawit, minyak zaitun tentu lebih baik karena kandungan asam lemak tak jenuh dalam minyak ini cenderung lebih tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Pada kenyataannya minyak zaitun memiliki lebih banyak lemak baik yang di butuhkan tubuh.

Minyak zaitun atau olive oil sudah lama dikenal sebagai minyak yang menyehatkan. Terbuat dari ekstrak buah zaitun, minyak yang satu ini mengandung lemak jenuh, asam lemak omega 6, dan omega 3. Asam lemak yang terdapat pada minyak zaitun bisa mengurangi peradangan.

Mengkonsumsinya secara rutin dengan cara dan dosis yang tepat tentunya akan memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Nah, bagi yang belum mengetahui manfaat minyak zaitun, simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Minyak Zaitun, dari Kesehatan hingga Kecantikan

Apa Saja Manfaat Minyak Zaitun?

Minyak zaitun bisa dikatakan sebagai minyak serbaguna. Tidak hanya bisa digunakan untuk memasak, minyak zaitun juga aman bila dimakan langsung sebagai campuran salad. Selain itu, minyak zaitun juga sering digunakan sebagai produk perawatan tubuh hingga kecantikan karena khasiatnya yang begitu beragam. Selain itu Harga Minyak Zaitun tidak jauh berbeda dengan minyak biasa,

Ada beberapa jenis minyak zaitun yang bisa kamu temui di pasaran, yaitu virgin olive oil, extra virgin olive oil, minyak zaitun asli (pure olive oil), dan light olive. Masing-masing dari jenis minyak zaitun ini tentu punya khasiat dan manfaat tersendiri bagi tubuh.

Jika berencana membuat hidangan dengan menggunakan minyak zaitun, salad misalnya, kamu bisa mendapatkan semua bahan-bahannya lewat aplikasi belanja online Chilibeli.

Buat yang masih penasaran dengan khasiat minyak zaitun, berikut beberapa manfaat minyak zaitun yang bisa kamu peroleh.


Melindungi organ jantung

Khasiat minyak zaitun yang mampu menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, menjaga dinding pembuluh darah, menurunkan peradangan, dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh membuat minyak satu ini dapat melindungi organ jantung. Untuk mendapatkan khasiat sepenuhnya dari minyak zaitun, gunakan minyak zaitun sebagai campuran makanan diet mediterania.

Diet mediterania sendiri diklaim sebagai diet terbaik karena diet ini berfokus pada kepada makanan berbasis tanaman, sayur, buah, dan ikan. Biasanya, minyak zaitun digunakan sebagai dressing sayur dan buah. Pola makan ini tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tapi juga baik untuk kesehatan ginjal dan organ tubuh lainnya.


Mencegah kanker

Mengombinasikan makanan sehat dengan minyak zaitun dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalma tubuh. Sebagaimana yang kita tahu, antioksidan sangat dibutuhkan tubuh karena dapat menangkal radikal bebas, yang juga dapat berdampak baik terhadap pencegahan kanker. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.


Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh orang dengan usia lanjut adalah Alzheimer. Faktor usia jadi salah satu penyebabnya. Jika ingin mencegah penyakit Alzheimer sedari dini, kamu bisa mengonsumsi minyak zaitun secara teratur.

Minyak zaitun diduga punya khasiat yang mampu menghilangkan plak beta-amyloid, yang dicurigai sebagai pemicu penyakit Alzheimer. Namun, perlu tinjauan lebih dalam lagi untuk meneliti hal ini. Pasalnya hal tersebut baru ditemukan pada tikus dan belum diteliti pada manusia.


Mencegah stroke

Mungkin belum banyak yang tahu kalau salah satu manfaat minyak zaitun adalah untuk mencegah penyakit stroke. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih sering mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko terkena stroke yang lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang atau tidak mengonsumsi minyak zaitun.

Meski begitu, konsumsilah minyak zaitun dengan cara yang tepat agar manfaat minyak zaitun bisa kamu dapatkan sepenuhnya.


Mencegah obesitas

Pengin turunkan berat badan dalam waktu cepat? Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah-buahan yang dicampur minyak zaitun. Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun dapat membantu pengolahan lemak dalam tubuh.

Jika dikonsumsi secara rutin, hal ini tentunya bisa berdampak baik dalam menjaga berat badan dan mencegah obesitas. Namun, pengonsumsian minyak zaitun juga harus diimbangi dengan olahraga secara teratur guna membantu mempercepat proses penurunan berat badan.


Melembapkan kulit

Tahukah kamu kalau minyak zaitun juga punya sifat yang mampu meningkatkan kelembapan kulit? Buat kamu yang punya masalah kulit kering atau sering mengelupas, coba gunakan minyak zaitun. Caranya, kamu tinggal mengoleskan 1 sampai 3 tetes minyak zaitun di bagain waja yang kering.

Atau, kamu juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan krim pelembap wajah milikmu guna menghidrasi kulit agar tetap lembap dan halus. Lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur agar hasilnya cepat terlihat.


Membantu menghilangkan bekas jerawat

Menghilangkan bekas jerawat tidak melulu harus ke dokter kulit karena kamu bisa melakukannya dengan cara yang lebih alami, yakni dengan minyak zaitun. Caranya sangat mudah, cukup oleskan minyak zaitun ke area kulit dan lakukan pijatan ringan agar penyerapannya menjadi lebih baik. Minyak ini dapat diterapkan ke kulit sekitar 5 – 10 menit, tapi jangan meninggalkannya lebih lama.

Itulah deretan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan. Pastikan kamu menggunakan minyak zaitun yang berkualitas agar khasiatnya bisa langsung kamu rasakan. Untuk memastikan kualitas minyak zaitun, kamu bisa mencobanya dengan cara menelan beberapa sendok makan minyak zaitun.

diamondinspire.net © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger

Published By Pro Templates Lab | Designed by- Dapinder