Monday, May 24, 2021

Panduan Konsultasi Dokter Mata

Untuk mengetahui kualitas penglihatan mata, ada baiknya kalian memeriksakan atau setidaknya konsultasi dengan dokter mata. Pemeriksaan mata bertujuan untuk mendiagnosa gangguan mata & menentukan penanganannya lebih awal. Untuk masalah pada mata, sebaiknya konsultasikan pada ahlinya.

Panduan Konsultasi Dokter Mata


Indikasi Konsultasi & Pemeriksaan Mata

Untuk bayi, sebaiknya mata diperiksakan saat lahir guna memastikan tak ada tumor, glaukoma, katarak, cacat, atau infeksi. Selanjutnya, pemeriksaan mata pada bayi sebaiknya dilakukan setelah berusia 6 hingga 12 bulan dengan tujuan memeriksa perkembangan penglihatan.

Untuk balita, pemeriksaan mata sebaiknya dilakukan saat berusia antara 3 sampai 5 tahun. Tujuannya untuk mendeteksi gangguan mata sejak dini. Beberapa gangguan mata yang bisa terjadi pada balita adalah rabun jauh, juling, dan amblyopia (mata malas).

Pada anak-anak & remaja, rabun jauh sangat rentan terjadi. Sayangnya, gangguan penglihatan ini jarang terdeteksi di usia ini. Itulah kenapa konsultasi & pemeriksaan mata sangat diperlukan saat anak-anak & remaja.

Ketika beranjak dewasa, pemeriksaan mata sebaiknya dilakukan setiap 5 hingga 10 tahun sekali pada usia 20 sampai 39 tahun, 2 hingga 4 tahun sekali pada usia 40 sampai 54 tahun, 1 hingga 3 tahun sekali pada usia 55 sampai 64 tahun, dan 1 hingga 2 tahun sekali pada usia 65 tahun ke atas.


Siapa yang Perlu Konsultasi dan Periksa Mata?

Ada beberapa orang yang sebaiknya melakukan konsultasi & pemeriksaan mata, yaitu mereka yang:

1.       Menggunakan lensa kontak atau kaca mata

2.       Memiliki riwayat glaukoma di keluarga

3.       Menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi

4.       Menderita diabetes

5.       Sering mengkonsumsi obat-obatan yang berpengaruh pada mata seperti antidepresan, diuretik, antihisamin, obat kolesterol, pil KB, tamsulosin, dan kortikosteroid.


Gejala-gejala yang Harus Segera Dikonsultasikan & Diperiksakan ke Dokter Mata

Jika kamu mengalami gejala-gejala berikut ini, sebaiknya segera konsultasikan & periksakan kondisimu untuk mendapat penanganan yang tepat:

-          Terdapat objek kecil yang melayang pada penglihatan atau floaters

-          Sensitif terhadap cahaya

-          Penglihatan ganda

-          Pandangan kabur

-          Mata merah & nyeri


Peringatan Pemeriksaan & Konsultasi Mata

Konsultasi & pemeriksaan mata tidak menyakitkan. Meski aman, pasien sebaiknya mengetahui beberapa hal berikut:

-          Beri tahu ke dokter jika punya alergi terhadap obat tetes mata

-          Beri tahu ke dokter jika mengalami gangguan mata maupun penyakit lain

-          Beri tahu ke dokter jika sedang menggunakan produk herbal, suplemen, atau obat-obatan

Perlu diketahui, beberapa prosedur pemeriksaan mata sering kali diberikan obat tetes mata dan bisa mengganggu penglihatan selama beberapa saat. Itulah sebabnya kamu sebaiknya didampingi keluarga saat menjalani konsultasi atau pemeriksaan mata.


Persiapan Konsultasi & Pemeriksaan Mata

Konsultasi & pemeriksaan mata dilakukan oleh dokter spesialis mata. Tak ada persiapan khusus. Namun, pasien sebaiknya mempersiapkan pertanyaan yang akan diajukan agar mendapat info yang lengkap. Tak hanya itu, pasien yang memakai kacamata maupun lensa kontak sebaiknya membawanya bersama dengan resep kacamata jika ada.

Lalu, bagaimana dengan prosedurnya? Tiap fasilitas kesehatan punya prosedur yang mungkin berbeda-beda. Namun, konsultasi mata kini lebih mudah karena bisa dilakukan online di sehatQ.com. Jika dirasa perlu melakukan pemeriksaan mata, kamu bisa booking dokter yang tersedia sesuai dengan jadwal yang ada. Mudah-mudahan, hal ini membantu kalian semua untuk memiliki mata dan penglihatan yang sehat.

Deskripsi: Dokter mata akan sangat membantu dalam konsultasi & pemeriksaan mata. Kamu bisa menemukan dokter yang tepat di sehatQ.

diamondinspire.net © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger

Published By Pro Templates Lab | Designed by- Dapinder